Sekolah Tinggi  Ilmu Tarbiyah  (STIT) Al-Ihsan Baleendah  Bandung didirikan oleh para pengurus Yayasan Pendidikan Miftahul Jannah Baleendah, yayasan yang menaungi Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah.  Yayasan ini berlokasi di Jln. Adipati Agung No. 40 Baleendah Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Yayasan Miftahul Jannah Baleendah dipimpin oleh  KH. U Muhammad HM (Ketua Umum), yang sekaligus sebagai Pimpinan Pondok Modern Al-Ihsan, dengan Dr. H. Mahrus As’ad, M. Ag. (Ketua 1), yang sekaligus sebagai wakil pimpinan 1 bidang pendidikan , dan H. Dede Rohanda, S.Pd. (Ketua 2), yang sekaligus sebagai Direktur Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI)  Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan.

STIT Al-Ihsan didirikan pada tanggal 1 September 2016, dan  mendapatkan izin operasional dari Kementerian Agama Republik Indonesia pada bulan Juni 2017, dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. ….., bulan Juni Tahun 2017. Pada awal pendiriannya, STIT Al-Ihsan memiliki dua program studi, yaitu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Launching dan peresmian STIT Al-Ihsan dilakukan oleh Menteri Agama Republik Indonesia Drs. H. Lukman Hakim Saefudin dan Pimpinan Pondok Modern Gontor KH. Hasan Abdullah Sahal, pada tanggal 23 Novermber 2017 dalam  acara Milad ke 28 Pondok  Modern Al-Ihsan Baleendah.

Pada awal pendirian,  STIT Al-Ihsan Baleendah dipimpian oleh seorang ketua dan 3 orang wakil.  Mereka  adalah :

Ketua                   :  Dr. H. Mahrus As’ad, M. Ag.

Wakil Ketua 1      :  Dr. H. Munir Abdul Mu’in, MA.

Wakil Ketua 2      :  H. Uwes Qorni, S.S., M. Pd.

Wakil Ketua 3      :  Dr. H. Izudin Mustofa, MA.

STIT Al-Ihsan merupakan kelanjutan dari jenjang pendidikan  KMI Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan yang didirikan pada tanggal 1 Juli tahun 1989. Setelah berjalan kurang lebih 28 tahun, Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan mendidirikan STIT Al-Ihsan dengan tujuan untuk mencetak sarjana muslim yang intelek, memiliki wawasan keislaman yang mantap, menguasai teknologi, dan berakhlak  karimah.

STIT Al-Ihsan diharapkan menjadi salah satu Perguruan Tinggi Islam   berkualitas  yang dapat dibanggakan di  Kabupaten Bandung dan Jawa Barat. Di masa yang akan datang, STIT Al-Ihsan Baleendah dicanangkan menjadi Universitas Al-Ihsan yang bukan hanya mengelola jenjang pendidikan  Sarjana (S1), akan tetapi sampai jenjang  Magister (S2), bahkan sampai jenjang Doktoral (S3).